Rektor UIN Sumut : Forum Interfaith and Intercivilizational Reception Harus Berkelanjutan

Sugiatmo - Rabu, 10 Juli 2024 19:26 WIB
Rektor UIN Sumut : Forum Interfaith and Intercivilizational Reception Harus Berkelanjutan
analisamedan/dok

analisamedan.com - Rektor UIN Sumatera Utara Medan Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag menghadiri Dialog Antar Agama dengan tajuk Resepsi Antar Iman dan Peradaban (Interfaith and Intercivilizational Reception) di Hotel Pullman Jakarta Central Park, pada Rabu (10/07/2024).

Forum ini digelar oleh NU dan Kementerian Agama dengan menyambut kedatangan Imam Besar Al-Azhar Mesir Syekh Ahmad Al-Tayeb ke Indonesia dan juga dihadiri perwakilan Tokoh lima agama, Kardinal Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo (Katolik), Pendeta Gomar Gultom (Kristen Protestan), Mulyadi Liang (Konghuchu), Jero Mangku Gede Pastika (Hindu), Bhante Sri Pannavaro Mahathera (Budha) serta dihadiri 1.800 orang yang dihadiri dari kalangan Ulama, Cendikiawan, Akademisi, Tokoh Bangsa, Tokoh Budaya.

Forum ini juga dihadiri hampir 300 Rektor Perguruan Tinggi dilingkungan NU dan lebih 1000 orang kader dari Muslimat NU, Ansor, Fatayat NU, Para Pelajar NU, serta murid-murid Al Azhar Mesir.

Kegiatan ini juga diikuti secara virtual siaran langsung dan lebih dari 3 ribu titik di seluruh Indonesia dan keseluruhan ada lebih 300 ribu orang mengikuti kegiatan tersebut.

Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag yang juga Merupakan Ketua LPTNU Sumatera Utara mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut mempunyai peran penting dalam membangun harmonis antara dunia Islam (Islamic World) dan Dunia agama lainnya di alam semesta ini (Other World Religions).

"Islam ini adalah agama yang damai (as-Salam), oleh karenanya NU dan Kemenag menjadi garda terdepan dalam membangun Komitmen Kesejahteraan Manusia (human welfare), terlebih lagi Islam mempunyai konsep Humanitarian Islam yang bertumpu pada basis Tasamuh (Toleransi), Tawasuth (Moderat/Pertengahan), dan Tawazzun (Keseimbangan)," jelas Prof. Nurhayati.

Editor
: Sugiatmo
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru