Ongkos Haji Naik, Calon Jemaah Asal Sumatera Utara Keberatan

Sugiatmo - Minggu, 22 Januari 2023 07:11 WIB
Ongkos Haji Naik, Calon Jemaah Asal Sumatera Utara Keberatan

analisamedan.com – Ongkos haji naik yang diumumkan pemerintah menuai berbagai komentar. Salah satunya calon jemaah haji asal Sumatera Utara yang menyatakan keberatan.

Ketua Majelis Taklim Pakpak Kota Medan, Ir Baharuddin Berutu yang juga colon jemaah haji mengaku keberatan rencana perintah menaikkan Ongkos Naik Haji (ONH). Menurutnya naiknya ongkos haji tidak rasional.

Ongkos haji naik malah akan memberatkan calon jemaah. Pemerintah harus arif dalam menetapkan kebijakan.

Baca juga : Putusan Saudi Kedepankan Keselamatan Jemaah Haji Diapresiasi Pemerintah

"Kondisi ekonomi masyarakat khususnya yang akan berangkat haji tahun ini, atau yang tertunda keberangkatan tahun 2020 hingga 2022 tidak semua baik. Stuasi ekonomi masih carut marut akibat covid 19 yang baru berlalu.

Pemerintah harus memikirkan kondisi ekonomi para jamaah yang belum pulih.

Dipertanyakan dana haji para jemaah yang sudah puluhan tahun disetor para jemaah haji dengan setoran awal Rp25 juta dengan masa tunggu 25 tahun.

Pemerintah harus terbuka dana itu dikemanakan. Apa benar dana ini dipinjamkan ke pemerintah untuk pembangunan infra struktur ?

Menurut Baharudddin Berutu yang juga Wakik Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Sumatra Utara ummat Islam sudah cukup baik kepada pemerintah. Jangan dana haji ini dijadikan ajang bisnis orang-orang tertentu.

 

Editor
: Sugiatmo
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru