Fakultas Hukum UMSU Gelar Yudisium dan Lepas Alumni

Sugiatmo - Minggu, 07 Juli 2024 10:44 WIB
Fakultas Hukum UMSU Gelar Yudisium dan Lepas Alumni
analisamedan/said harahap
Dekan FH UMSU Dr Faisal SH MHum, foto bersama peserta jusidium di Auditorium Kampus Utama UMSU Jl Mukhtar Basri, Sabtu (6/7/2024)

analisamedan.com - Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FH UMSU) sukses menggelar kegiatan "Yudisium dan Lepas Alumni" Periode I Tahun 2024.

Alumni yang diyudisium berjumlah 173 orang. Acara berlangsung sangat istimewa dengan kehadiran sejumlah alumni FH UMSU yang sukses berkiprah di dunia politik sebagai Anggota Legislatif Terpilih pada Pemilu Legislatif 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus Utama UMSU Jl Mukhtar Basri, Sabtu (6/7/2024) dihadiri BPH UMSU, Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP, Dekan FH UMSU Dr Faisal SH MHum, WD I Dr Zainuddin SH MH, WD III Dr Atikah Rahmi SH MH, Jajaran Kepala Bagian di Lingkungan FH UMSU,Dosen dan 173 peserta Yudisium.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Yudisium dari Dekan FH UMSU yang dibacakan oleh WD III Dr Atikah Rahmi SH MH. Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP dalam arahannya saat membuka acara mennyampaikan ucapan tahniah atas terselenggaranya kegiatan Yudisium FH UMSU.

Dia menuturkan, ada yang menarik dari Yudisium kali ini, karena hampir dapat dipastikan semua peserta Yudisium kali ini adalah mahasiswa yang masuk UMSU pada era pandemi Covid 19.

"Walaupun pada zaman Covid mereka baru masuk kampus setelah beberapa semester berjalan, namun kita sangat yakin dengan dukungan sistem yang kita bangun dan persiapkan, kualitas mereka tidak dengan akangkatan sebelumnya," ungkap Prof Agussani.

"Selamat kepada seluruh peserta Yudisium Fakultas Hukum UMSU yang berjumlah 173 orang," imbuhnya.

Kemudian kepada para alumni Alumni FH UMSU yang sekarang jadi anggota legislator, beliau berharap bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa, Negara dan persyarikatan.

"Tentunya kiprah dan prestasi para alumni menjadi kebanggaan buat kita semua. Tetaplah menjaga dan mengharumkan nama almamter di manapun kalian mengabdi dan berkarya," ucap Prof Agussani.

Kepada pemimpin FH UMSU, Prof Agussani berpesan agar terus merawat dan lebih menguatkan hubungan dengan para alumni, sebab peran alumni tersebut sangat penting dan strategis untuk kemajuan almamternya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Hukum UMSU Dr Faisal SH MHum dalam sambutannya menyampaikan, bahwa panitia penyelenggara sengaja merancang kegitan Yudisium yang dirangkai dengan acara Lepas Alumni.

"Pertimbangannya karena pada saat masuk ke UMSU para mahasiswa di sambut dengan PPKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) dan diterbitkan Surat Keputusan sebagai Mahasiswa, maka ketika selesai mereka juga kita pertemukan dengan para pimpinan dan dosen, sehingga datang tampak wajah, pulangpun tampak punggung," jelas Faisal.

"Konsep ini sudah kita lakukan beberapa tahun atas bimbimbingan dan arah Pak Rektor. Dan kedepan kita berharap acara seperti ini tetap bias kita laksakan," imbuhnya.

Lebih lanjut Faisal menitipkan harapa kepada para Alumni yang sekarang jadi anggota legislator supaya bisa berkiprah untuk memperjuangkan aspirasi dan kesejahteraan rakyat.

"Tentunya kita akan sangat bangga jika para alumni bisa memperjuangkan kepentingan rakyat. Maka kami dengan bangga akan mengatakan itulah alumni kami, alumni Fakultas Hukum UMSU," ujar Faisal.

Faisal mengungkapkan, dari yang terdata ada 13 alumni dan 2 mahasiswa FH UMSU yang sukses berkiprah di dunia politik dengan berhasil lolos sebagai Anggota Legislatif Terpilih pada Pileg 2024 yang lalu.

Berikut daftar alumni FH UMSU yang lolos jadi Aggota Legislatif Terpilih pada Pileg 2024:

1. Irham Buana Nasution, S.H., M.H (1995) Partai Golkar DPRD Sumut

2. Rijaluddin, S.H. (2000) PKB DPRA Prov. Aceh

3. Dr. Kiki Handoko Sembiring, S.H., M.Kn (2004) Partai Gerindra DPRD Sumut

4. Zaki Syahri, S.H. (2005) Partai Gerindra DPRD Deli Serdang

5. Delia Pratiwi Sitepu, S.H (2006P Partai Golkar DPR RI

6. Muhammad. Rahmaddian Shah, S.H. (2008) Partai Golkar DPRD Sumut

7. Andar Alatas Hutagalung, S.H., M.H (2008) Partai Gerindra DPRD Tebing Tinggi

8. Willy Saputra Silitonga, S.H (2009) Partai Nasdem DPRD Tapteng

9. Perkasa Alamsyah Tanjung, S.H. (2009) PBB DPRD Labuhanbatu Utara

10. Kevin Kaskarino Waruwu, S.H. (2014) Partai Gerindra DPRD Nias Barat

11. Irmayanti Br Siregar, S.H., M.H. (2015) Partai Hanura DPRD Labuhanbatu Selatan

12. Muhammad Rizki Rifai, S.H (2015) PAN DPRD Langkat

13. Wildan Lubis, S.H. (2015) Partai Nasdem DPRD Mandailing Natal

Selain itu ada dua mahasiswa FH UMSU yang juga lolos menjadi Anggota Legislatif, yakni Achyar Hidayat Hasibuan (2022) Partai Demokrat DPRD Padang Lawas dan Lailatul Badri (2023) PKB DPRD Kota Medan.


Editor
: Sugiatmo
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru