Ka KUA Medan Barat Penceramah Bakda Subuh Masjid Jami’ Karya Sei Agul

Dr. Prayudi Pimpin Rapat Kerja BKM
Sugiatmo - Senin, 05 Februari 2024 06:07 WIB
Ka KUA Medan Barat Penceramah Bakda Subuh Masjid Jami’ Karya Sei Agul
analisamedan/dok
Kepala Kantor Urusan Agama (Ka KUA) Kecamatan Medan Barat H. Masril Halomoan Harahap, M.A tampil sebagai penceramah pada pengajian rutin Ahad bakda (sesudah) Salat Subuh yang digelar BKM Masjid Jami' Jalan Karya Sei Agul Medan, Minggu (04/02/2024).

analisamedan.com - Kepala Kantor Urusan Agama (Ka KUA) Kecamatan Medan Barat H. Masril Halomoan Harahap, M.A tampil sebagai penceramah pada pengajian rutin Ahad bakda (sesudah) Salat Subuh yang digelar BKM Masjid Jami' Jalan Karya Sei Agul Medan, Minggu (04/02/2024).

H. Masril Halomoan Harahap, M.A menggantikan Kakan Kemenag Kota Medan Dr. H Inpun Siregar MA yang berhalangan hadir.
Selain menggelar pengajian Ahad bakda Salat Subuh, Minggu kali ini BKM Masjid Jami', menggelar rapat kerja pengurus BKM 2024.

Ka Kua Medan Barat dalam ceramahanya menyampaikan empat ciri tanda-tanda orang celaka. Tanda pertama adalah melupakan dosa-dosa yang telah lalu. Karena kecenderungan kita untuk lalai dengan sering melupakan dosa-dosa yang telah lalu.

"Seringkali kita tidak menyadari bahwa tindakan kita hanya menambah pundi dosa kita. Atau bahkan jika kita tahu bahwa yang kita lakukan adalah dosa, kita tetap melakukannya. Kita sering mengabaikan akibat yang pasti akan kita alami di akhirat. Mengingat dosa akan menghentikan niat buruk kita sekaligus mendorong kita untuk mendapatkan lebih banyak pahala," ungkap Masril Halomoan.

Tanda celaka kedua, lanjut Masri Halomoan adalah ingat kebaikan masa lalu Perasaan ini ada di hati manusia, yang menunjukkan betapa licik syaitan.

Dalam beberapa ayat Al-A'rof, syaitan berjanji untuk selalu menggoda orang yang disebutkan Allah. Salah satunya adalah ayat 17, yang berbunyi, "Kemudian saya akan datangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur." ujarnya.

Syaitan menggunakan berbagai cara untuk menggoda manusia untuk tidak melakukan kebaikan. Namun, ketika manusia berhasil mengalahkan bisikan syaitan dengan tetap melakukan kebaikan, syaitan menggunakan cara lain untuk menggoda. Ditanamkan rasa bangga pada diri manusia atas kebaikannya. Jadi bangga diri muncul. Jadilah orang yang lebih baik.

Tanda celaka ketiga adalah dalam urusan agama kita sering selalu melihat ke bawah, seharusnya kita memandang ke atas dengan melihat orang-orang yang lebih alim. Sehingga merasa kurang. Sehingga yang teringat hanyalah kekurangan diri dalam ilmu agama.

Editor
: Taufik Wal Hidayat
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru