Masjid Azizi Tanjungpura Jadi Wisata Religi Keluarga

El-Khair - Senin, 08 Juli 2024 13:30 WIB
Masjid Azizi Tanjungpura Jadi Wisata Religi Keluarga
analisamedan.com/el-khair
MASJID AZIZI : Suasana sore hari di kawasan obyek wisata religi masjid Azizi yang berada di Kota Tanjungura peninggalan kesultan Langkat.

analisamedan.com -
Keberadaan masjid indah nan megah yang berada di Kota Tanjungpura, Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), menjadi kawasan wisata religi keluarga yang ramai dikunjungi wisatawan lokal khususnya setiap sore libur akhir pekan dan libur nasional.

Ratusan wisatawan lokal, Minggu (7/7) sore, tampak memenuhi halaman masjid Azizi bagian depan dengan hamparan rerumputan hijau bersih dengan latar belakang kemegahan masjid peninggalan kesultanan Langkat tersebut.

Sejumlah orang tua pasangan muda tampak mendampingi anak-anak mereka yang masih kecil sembari bermain dan berswafoto. Ada juga pemandangan orang tua mendampingi anaknya sedang belajaar menggambar dan melukis dari jasa kreatif yang menjajakan fasilitas terbuka di halaman masjid Azizi itu.

"Ini bawa anak jalan-jalan sore," ungkap seorang ibu yang sedang asyik memotret anaknya sedang bermain dan mengaku dari sekitaran Kota Tanjungpura.

Salah seorang petugas parkir ketika dikonfirmasi mengungkapkan, masjdi Azizi banyak didatangi wisatawan lokal khususnya hari libur. Setiap sore hari libur, kawasan masjd Azizi Kota Tanjungpura selalu ramai mnjadi tempat wisata khususnya keluarga.

Bahkan wisatawan yang datang berasal dari luar daerah Kabupaten Langkat seperti, Kota Medan, Binjai, Deliserdang, Tebingtinggi dan lainnya, juga sering datang berkunjung/

"Memang ramai setiap sore hari Minggu. Ya kayak gini ramainya," terangnya.

Ernawati warga Kabupaten Deliserdang yang sedang berwisata mengaku, dirinya dan keluarga selalu menyempatkan singgah setiap kali melintas di kota Tanjungpura. Rutinitas tiap bulan bersama keluarga selalu datang berziarah ke kampung tarikat Babussalam yang tidak jauh dari Kota Tanjungpura.

"Saya sama keluarga sering kemari. Setiap kami ziarah ke Besilam, kami selalu menyempatkan singgah di masjdi Azizi. Anak-anak suka kemari," ungkapnya.

Selain halaman masjid yang luas dengan hamparan rerumputan hijau, keindahan dan kemegahan masjid Azizi didominasi warna hijau dan kuning serta hitam pada bagian kubah, menjadi obyek wisata sejarah kesultanan Langkat yang dulu memerintah daerah ini sebelum kemerdekaan.

Sejumlah situs cagar budaya selain keberadaan masjdi Azizi, ada juga makam kesultanan Langkat. Dan salah satu pahlawan nasional yang juga bagian dari kerabat kesultana nLangkat, Tengku Amir Hamzah dikenal sebagai penyair dan pujangga, turut dikuburkan di areal masjid Azizi.

Editor
: Gustan Pasaribu
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru