Kapal NasDem Deliserdang ‘Terombang-ambing’ di Tepi Dermaga Restorasi

Oleh : El-Khair
El-Khair - Minggu, 07 Juli 2024 03:26 WIB
Kapal NasDem Deliserdang ‘Terombang-ambing’ di Tepi Dermaga Restorasi
ilustras.dok,analisamedan,com

analisamedan.com - Dalam situasi saat ini, jelang pilkada serentak di Indonesia 27 Nopember 2024 mendatang, topik politik menjadi diskusi diberbagai tempat. Warung-warung kecil di perkampungan pun tak lepas dari diskusi politik. Kafe-kafe berubah menjadi tempat tongkrongan asyik mendiskusikan perkembangan politik terkini.

Di Kabupaten Deliserdang, diskusi politik sangat terasa jelang pilkada. Apa lagi atmosfer politiknya terasa sangat kencang dan kompetitif.

Partai politik (parpol) pemilik kursi di DPRD Deliserdang sudah selesai melakukan penjaringan dan pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) baik bupati dan wakil bupati. Masing-masing parpol kini sedang menunggu hasil keputusan dari petinggi partai di tingkat pusat.

Di Deliserdang sesuai hasil pemilu legislatif 14 Pebruari 2024 kemarin, ada 4 parpol yang menurut penulis masuk kategori parpol kelas atas yakni, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Nasional Demokrat (NasDem).

Keempat parpol di atas masing-masing memiliki 7 kursi di legislatif. Selebihnya ada parpol papan tengah seperti Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 5 kursi dan parpol papan bawah dengan 2 kursi ke bawah.

Fenomena NasDem

Ada hal menarik dari fenomena satu parpol kelas atas di Kabupaten Deliserdang. Parpol ini awalnya tidak begitu menjadi perhatian. Namun sejak berakhirnya pileg dan jelang pilkada, parpol ini menjadi 'buah bibir' diskusi baik para pemerhati politik maupun politisi yang terlibat langsung di dunia perpolitikan .

Bahkan masyarakat bawah yang senang dengan diskusi politik berdalil 'apa saja', meski kurang rasional dan tanpa argumentasi substantif sekalipun banyak membicarakannya.

Partai Nasional Demokrat yang akrab menyebutnya dengan singkatan 'Nasdem' merupakan parpol dimaksud. Partai besutan politisi kawakan Surya Paloh ini kini menghipnotis para politisi, pemerhati dan masyarakat yang tertarik mendiskusikannya.

Editor
: Sugiatmo
SHARE:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru